Merekalah Yang Kita Panggil: "Teman"

Pernah gak, sih, ngobrol sama seorang temen yang berperan sebagai mentor dalam circle pergaulan kita. Jadi, dalam lingkaran itu, dia memerankan tokoh yang kalo ada apa-apa selalu dibutuhin buat membimbing temen-temennya. Kalo temennya lagi ada masalah, curhatnya ke dia. Kalo butuh saran, nanya ke dia.


Sampai suatu ketika, kita (anggap aja kita, ya) lagi butuh saran buat nembak cewek yang udah belasan dekade jadi inceran tapi terhalang oleh ini dan itu. Kita adalah manusia yang punya banyak lubang yang perlu ditambal. Banyak kekurangan. Attitude yang sering bikin orang geram, gak bisa baca situasi, bodo amat sama semuanya, gak ganteng, gak tajir, gak ini gak ono gak itu, dll, dll. Intinya, kita adalah pribadi yang jauh banget dari sempurna. Kita cuma deket sama Djisamsoe atau Gudang Garam.

Di tengah keputusasaan karena belum menemukan jawaban, kita akhirnya bertanya, “Jadi, gue harus gimana?”

Dia, teman merangkap mentor ini diam sejenak. Ia kemudian mengusap rambutnya yang klimis ke belakang kepala, menyisir kumis dengan telunjuknya, lalu menatap kita dalam-dalam. Dia berkata, “Just be yourself,” lalu mengedipkan sebelah mata sebanyak tiga puluh tiga kali.

Pertama, kamu tahu menjadi diri sendiri merupakan hal baik KALAU kamu emang dasarnya baik. Tapi kenyataannya, enggak. Untuk memperbaiki diri, kamu malah seharusnya meniru orang lain.

Kedua, kamu tahu orang yang ngomong barusan itu adalah orang yang punya personalitas disukai semua orang. Saking disukai, malah sering jadi bahan copas Dagelan. Dengan kata lain, dia bisanya ngomong doang. Dia nyuruh kamu jadi diri sendiri, berasumsi kamu itu adalah dia.

This is bullshit.

Lalu, gimana lagi dengan orang yang mengatakan kalimat-kalimat berikut ini: 


Apa mereka cuma penghambur kalimat penghibur yang berbunga-bunga saja? Kalo mereka adalah temen kita, pantaskah dia disebut teman? 

Mungkin yang lebih pas, “teman”.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s