Mulai Ngerasa Asing?

Entah perasaan apa yang menggerakkan gue menulis postingan ini. Entah apa yang memancing hal-hal mendung yang datang silih berganti. Gue gak tahu gimana bisa, atau dari mana ia. Yang gue tahu hanyalah satu dari sekian banyak hal yang sering bikin kita tiba-tiba gloomy adalah hal-hal berubah menjadi asing. Sesuatu yang mulanya akrab, dekat, familier, lalu tanpa aba-aba dari tukang parkir mendadak berubah haluan menjadi sesuatu yang beda.


Sejak merantau di Tangerang, banyak yang berubah dalam hidup gue. Karena jauh dari keluarga, yang bisa gue lakukan untuk bertahan hidup di kota besar adalah mandiri. Sedangkan yang harus gue lempar jauh-jauh adalah sifat manja. Karena gue termasuk jenis manusia yang gampang banget nemu hal kecil buat dijadiin bahan mengeluh, jadi kalau gak mau mati dehidrasi karena keseringan ngomel-ngomel sendiri, ya sifat tersebut harus gue hilangkan. Atau paling nggak, dikurangi. Setahun berlalu, dan gue udah mulai terbiasa dengan kemandirian (Sebenarnya gak terlalu mandiri juga karena di tanggal tua masih sering ngutangin temen). Baik fisik, maupun ‘inti’ gue udah beradaptasi dengan linkungan yang jauh dari kata ‘nyaman’.


Namun siapa sangka hidup ternyata memiliki dua sisi. Gue kira perubahan cukup satu saja ke arah yang lebih baik. Tapi ternyata, ada bagian lain yang juga bermetamorfosis. Yap. Banyak hal dalam hidup gue yang berubah menjadi asing.


Pernah nggak, punya teman dekat—sangat dekat, sampai-sampai boker di kepala satu sama lain masih bisa ditoleransi—yang setelah sekian lama gak ketemu, tiba-tiba jadi orang lain? Pas reunian, kalian memesan sebuah meja panjang di kafe, bercerita satu sama lain tentang kehidupan masing-masing. Hal yang sering terjadi sebelumnya, tapi entah kenapa terasa beda. Entah kenapa gak terasa seperti dulu lagi. #ahsek


Gue juga pernah. Kejadian lainnya adalah pas lagi jalan-jalan sekitar kompleks, dan tiba-tiba gue kepikiran soal usia. Pas melihat ke bawah, gue baru sadar jarak antara mata sama tanah udah lebih jauh. Iya, gue bertambah tinggi sejak lulus dari TK. Sesaat kemudian pandangan gue beralih ke sekumpulan anak kecil yang lari-larian di tengah lapangan. Gue berhenti sejenak. Kok, rasanya gue pernah kayak gitu, ya? Tapi, kapan? Kemarin sore, atau sepuluh tahun yang lalu? 


Dalam tahap ini, gue sudah merasa asing sama diri sendiri.


Di buku Norwegian Wood, kenangan digambarkan sebagai sesuatu yang lucu. Gimana bisa ketika kita ngelakuin sebuah kegiatan, kita gak terlalu memperhatikan detail kejadiannya. Tapi setelah itu semua berlalu, kita malah ingat persis semua yang terjadi. Dan setelah hal-hal di sekitar gue mendadak asing, gue jadi sedikit lebih paham tentang konsep waktu: waktu tidak mati, kita pun sama.


Time passed. People change. Atau mungkin, ekspektasi kita yang ingin semuanya tetap sama yang membuat kecewa.

17 thoughts on “Mulai Ngerasa Asing?

  1. Sama gue juga anak rantau. Kadang ngerasa asing sama lingkungan rumah, mungkin karna jarang pulang. Asing sama sahabat deket karna jarang ketemu malah nanya yg penting-penting doang. Tapi postingannya bagus :))

    Like

  2. ini bangeeet deh, nggak berasa aja udah sekian lama ngerantau pas ketemu temen-temen malah jadinya ngerasa asing, beda aja gitu. tapi ya namanya juga hidup emang harus ada progress, kalau gitu gitu aja juga malah nggak ada warnanya ya 😉

    Like

  3. Asing sama lingkungan sekitar perlu adaptasi, asing sama diri sendiri perlu Instrospeksi diri, asing dengan orang sekitar perlu pendekatan atau semacamnya, sama seperti yang gua rasakan, ganbatee teman 🙂

    Like

  4. gue juga merasa asing karena temen2 gue yg lain udah pada sibuk sendiri dan jarang main.. lalu udh sibuk kuliah padahal dulu mah masik asik main

    tapi satu yg masih sama.. Gue masih anak kecil *gatau diri

    Like

Leave a Reply

