Tentang Kehilangan

Ketika kota besar dengan aktivitas tanpa henti menjadi seperti kota mati. Ketika cahaya matahari yang jatuh di pagi hari berwarna kusam. Ketika ribuan halaman buku gak lebih dari kertas kuning yang kosong, tanpa aksara. Dan kopi yang diseduh pun gak bisa menghangatkan di kala hujan. 
Seperti ini ya, rasanya kehilangan?
Bagi gue, dia adalah embun pagi yang senantiasa menaungi langkah. Setiap detail senyumnya yang melengkung, yang menari-nari dalam lamunan gue, udah lebih dari cukup untuk menggantikan fungsi kafein. Dan selazimnya seseorang yang terlanjur sayang dengan sesuatu, gue pengin selalu berada di dekat dia. Gue masih ingat pertemuan kami yang terjadi ribuan kali, dan biasanya, dibarengi dengan jatuh cinta gue. Kami sering ngambekan, baikan lagi, dan gue ingat gimana gue memakai lawakan orang lain untuk membuatnya ketawa. Gue kira, gue berhasil membuatnya, yah, sedikit bahagia. Gue kira gue berhasil membuatnya betah dan nyaman dengan cerita-cerita gue, dan dengan sikap yang sengaja gue buat sok nyebelin, gue kira bisa membuat dia kangen. Gue kira kami saling membutuhkan. Gue jatuh cinta, dan gue kira dia juga sama. 
Gue keliru.
Gimana pun sulitnya keluar dari sebuah circle, gimana pun susahnya melupakan, berapa besar pun obsesi terhadap seseorang, hidup akan tetap memaksa kita untuk memilih apa yang kita butuh. Bukan yang kita ingin. Jadi gimana pun perihnya berada jauh dari orang yang disayang, gue harus tetap melangkah. Gue gak mau hidup di masa lalu. Karena gue tahu satu hal, orang yang gampang melupakan adalah yang bahagia.
Tapi sekarang, waktu yang berlalu akan terasa lamban. Dan sepi.
One thought on “Tentang Kehilangan

Leave a Reply

